Video Cuplikan Gol Fulham 1 vs 0 Aston Villa Play-Off : Fulham Menuju Premier League

Liputanbola6.com – Fulham akhirnya kembali ke pentas Premier League usai mengamankan kemenangan 1-0 atas Aston Villa, dalam duel play-off promosi EFL Championship di Stadion Wembley, Minggu (27/5) dini hari WIB.

Wolverhampton Wanderes sukses menjadi kampiun Championship dengan perolehan poin 99 dari 46 pertandingan, dan berhak naik ke kasta tertinggi Liga Inggris musim depan. Kesuksesan Wolverhampton juga diikuti oleh Cardiff City yang menempati peringkat kedua berbekal nilai 90 dan berhak atas dua jatah lolos otomatis ke Premier League.

Sementara itu Fulham, Aston Villa, Middlesbrough dan Derby County harus melewati jalur play-off untuk memperebutkan satu tiket tersisa. Di partai semifinal, Fulham menghadapi Derby County dan Aston Villa berjumpa Middlesbrough.

Mengusung format laga kandang dan tandang, Fulham berhasil menyingkirkan Derby County dengan agregat 2-1. Sementara Villa menyudahi perlawanan Middlesbrough dengan agregat 1-0. Laga final kemudian mempertemukan Aston Villa dan Fulham di Stadion Wembley.

Secara keseluruhan, laga ini berjalan sangat ketat, meski secara statistik Fulham sebenarnya sedikit lebih unggul terutama dalam hal penguasaan bola dan peluang. Di awal pertandingan, The Cottagers terlihat lebih percaya diri untuk bisa memenangkan pertandingan.

Dan benar saja, Fulham berhasil memecah kebuntuan terlebih dahulu saat laga memasuki menit 23. Dalam skema serangan yang rapi, Cairney berhasil melepaskan diri dari pengamatan lini belakang Aston Villa untuk kemudian menaklukkan Johnstone dengan sepakan mendatar.

Sayangnya, dalam situasi berada di atas angin, Fulham harus bermain dengan 10 pemain setelah Dennis Odoi mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 70. Situasi ini jelas menguntungkan Aston Villa, yang masih terus berusaha mengejar ketertinggalan.

Meski unggul jumlah pemain, Aston Villa kenyataannya tak bisa berbuat banyak untuk sekadar menyamakan kedudukan. Skor 1-0 untuk kemenangan Fulham tetap bertahan sampai laga bubar.

Hasil ini mengakhiri penantian Fulham untuk bisa kembali ke kompetisi tertinggi Inggris setelah terdegradasi pada musim 2013-14 lalu. Sementara Aston Villa harus menunggu lagi untuk bisa kembali usai dua musim terakhir berada di Championship.

Susunan pemain Aston Villa vs Fulham

Aston Villa (4-1-4-1): Johnstone(GK); Elmohamady, Chester, Terry, Hutton(DEF); Jedinak, Snodgrass, Hourihane, Grealish, Adomah(MF); Grabban(FW).

Fulham (4-3-3): Bettinelli(GK); Fredericks, Odoi, Ream, Targett(DEF); Cairney, McDonald, Johansen(MF); Kamara, Mitrovic, Sessegnon(FW).