RD Waspadai Persib Dalam Hal Ini

Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan menargetkan kemenangan ketika menjamu pemuncak klasemen sementara Liga 1, Persib Bandung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Untuk memastikan kemenangan tersebut, coach RD mewaspadai beberapa hal dari Persib.

Poin pertama yang disebutkan oleh Rahmad Darmawan adalah kemampuan Persib yang tidak hanya dapat mencetak gol dari permainan terbuka atau open play akan tetapi juga pada kondisi bola mati atau set piece. Mitra Kukar sendiri saat ini merupakan salah satu tim yang paling banyak kebobolan dari set piece.

RD Waspadai Persib Dalam Hal Ini
RD Waspadai Persib Dalam Hal Ini

“Antisipasi bola mati menjadi salah satu fokus kami dikarenakan pada pertandingan melawan Borneo FC semua gol Borneo berawal dari kondisi bola mati,” kata mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

“Semalam semua staf kepelatihan telah membahas hal ini dan melihat statistik dan dari hasil review kami menunjukan Mitra Kukar mengalami kebobolan sebanyak 60-70 persen dari pola set piece. Angka tersebut tergolong tinggi, oleh karena itu fokus kami saat ini adalah untuk memperbaiki hal tersebut sebelum hari H nanti,” kata Rahmad.

Menurut RD, hal yang membuat Persib berbahaya dalam set piece karena mereka memiliki pemain yang ahli sebagai eksekutor set piece seperti Inkyun Oh, Ghozali Siregar dan Eka Ramdani. “Mereka memiliki Inkyun dan Ghozali yang ahli mengeksekusi set piece jadi kami harus lebih waspada terutama tidak memberikan bola mati pada daerah berbahaya,” kata RD.

“Kesalahan di sepertiga lapangan akan menjadi hal yang penting dan mungkin menjadi pembeda pada pertandingan ini. Para pemain harus benar-benar fokus dan tidak grusa-grusu dalam mengantisipasi setiap tekanan yang diberikan oleh para pemain Persib. Berikutnya adalah membangun pertahanan yang solid baik ketika dalam posisi zona marking atau man to man marking. Terakhir adalah meminimalisir peluang corner bagi Persib,” tutur dia.

RD sendiri optimis dapat memperoleh angka penuh jika skema permainan yang telah disiapkan selama kurang lebih 1 minggu ini berjalan. Angka kedua tim menjadi target kedua tim. Bagi Persib, 3 angka akan memperkokoh posisi mereka di puncak sedangkan Mitra Kukar akan memperbaiki posisi mereka di Klasemen.