Ronaldo Effect Terasa Nyata Bagi Juventus Dan Real Madrid

Transfer Ronaldo tidak hanya menyebabkan kehebohan akan tetapi ternyata juga benar-benar berdampak bagi klub yang terlibat dalam transfer tersebut yaitu Juventus dan Real Madrid.

Kepergian Ronaldo dari Real Madrid membawa masalah sedangkan kedatangan Ronaldo ke Juventus membawa berkah dalam aspek ekonomi. Kepergian Ronaldo membuat Real Madrid harus menerima kenyataan bahwa penjualan tiket pada pertandingan di Santiago Bernebau pada laga perdana La Liga turun hingga titik terendah sejak musim 2008-2009.

Ronaldo Effect Terasa Nyata Bagi Juventus Dan Real Madrid
Ronaldo Effect Terasa Nyata Bagi Juventus Dan Real Madrid

Pada laga perdana Real Madrid yang dimainkan pada hari Minggu lalu ini, penjualan tiket hayan tercatat 48.466 untuk menyaksikan aksi dari Gareth Bale cs. Jumlah tersebut hanya 54% dibandingkan dengan kapasitas dari Santiago Bernebau yang mencapai 81.044 orang. Pada musim 2017-2018 lalu, catatan terendah dari kehadiran penonton adalah 66.510.

Berbeda dengan Real Madrid, Juventus juga mendapatkan berkah dari kedatangan Ronaldo. Bahkan berkah tersebut juga terimbas pada Serie A Italy. Dari sisi Serie A adalah naiknya rating Serie A yang mulai dilirik untuk beberapa wilayah. Efek tersebut juga terjadi di Indonesia yang dimana kembali di tayangkannya Liga Italia di layanan TV berbayar.

Dampak berikutnya adalah terhadap klub-klub yang akan menjamu Juventus. Efek ini sudah dirasakan oleh Chievo yang dimana pada laga perdana tersebut, para penonton memadati Stadion Marcantonio Bentegodi walaupun harga tiket sudah dinaikan sebesar 66 persen. Stadion tersebut bahkan mencatatkan kehadiran yang sangat luar biasa yaitu 28.735, 2 kali lipat dari jumlah kehadiran rata-rata Chievo Verona musim lalu sebanyak 12.429 penonton.

Bagaimana dengan Juventus sebagai pemilik dari Ronaldo? Hal pertama yang terlihat adalah peningkatkan jumlah penjualan jersey bahkan jersey Ronaldo sudah habis terjual pada hari pertama ketika jersey tersebut mulai dijual. Efek lainnya adalah tiket laga perdana di Allianz Stadium menghadapi Lazio yang dimana sudah terjual habis bahkan sebelum laga Juventus melawan Chievo dimainkan.

Pada keterangan di Listticket.com yang merupakan salah satu penjual resmi tiket umum Juventus, tiket umum dijual mulai dari 30 euro hingga 180 euro. Penjualan tiket tersebut telah ditutup 14 Agustus 2018. Di penjualan tiket terusan untuk member supporter Juventus sudah habis terjual pada akhir Juli 2018 lalu.