UEFA Tunda Putusan Penggunaan VAR di Liga Champions

Federasi Sepak Bola Eropa atau UEFA kemungkinan akan menunda penggunaan VAR di Liga Champions karena masih mengevaluasi penggunaan teknologi tersebut disemua kompetisi yang mereka kelola.

UEFA yang membawahi kompetisi-kompetisi besar dan populer di dunia yaitu Liga Europa, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Eropa dan League of Nation atau Liga Negara Eropa.

UEFA Tunda Putusan Penggunaan VAR di Liga Champions
UEFA Tunda Putusan Penggunaan VAR di Liga Champions

Hingga saat ini, UEFA yang merupakan penyelenggara belum memutuskan akan menggunakan VAR walaupun penggunaan teknologi ini telah di gunakan oleh FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Melalui pernyataan resmi dari Press Association Sport, UEFA saat ini masih mempertimbangkan untuk menggunakan VAR karena penggunaan VAR akan membuat penambahan sarana dan prasana dalam penerapannya.

“UEFA tengah mencari cara untuk mendapatkan kualitas kompetisi yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu kami memperhatikan secara seksama penggunaan VAR yang telah digunakan di berbagai event,” tulis official UEFA di di Press Association Sport.

“Kami melihat terdapat beberpaa ketidakpastian mengenai penggunaan VAR dan kami menganggap bahwa merupakan hal yang benar bahwa ruang lingkup aplikasi, interpretasi serta dukungan teknologi harus jelas untuk semua terutama untuk penonton sehingga semua keputusan wasti merupakan keputusan yang benar dan terbukti sepenuhnya.”

Selain itu UEFA juga menjelaskan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan untuk mengatasi masalah kesulitan di bidang logistik, operasional dan perwasitan untuk dapat menerapkan VAR di semua kompetisi yang mereka tangani.

“Kami akan terus memantau hasil dari penggunaan sistem ini termasuk proses penggunaannya. Tujuan utama kami adalah tetap mempertahankan sisi manusia dari alur permainan yang telah ada sebelumnya dalam memutuskan hal terjadi di lapangan,” lanjut pernyataan resmi UEFA tersebut.